Telah Terbit!!, Jurnal Historia Madania Volume 5 Nomor 1 tahun 2021

Title

Short Description

Alhamdulillah, telah terbit Jurnal Historia Madania Volume 5 Nomor 1 tahun 2021. Pada edisi kali ini terdapat 9 (sembilan) artikel dengan melibatkan sepuluh orang penulis. Para penulis berasal dari Perguruan tinggi ternama di Indonesia, antara lain dari Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta; UNSIKA, Universitas Gadjah Mada; dan UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Historia Madania merupakan jurnal jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Jurusan Sejarah Peradaban Islam, (SPI) Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung bekerjasama dengan Persatuan Jurusan Sejarah Indonesia (PPSI). Jurnal ini mempublikasikan topik-topik tentang tradisi lokal dan sejarah khususnya Sejarah Islam dan diterbitkan dua kali dalam setahun yakni edisi Januari-Juni dan Juli-Desember.

Adapun pada Volume 5 Nomor 1 ini, Historia Madania menyajikan 9 (sembilan) artikel  seperti:  Islam dalam Pandangan Surat Kabar Jepang di Jawa (1916-1941); Haatzaai Artikelen: Pasal Karet dalam Hukum Kolonial di Hindia Belanda; History of the Yogyakarta Monarchy: From the Islamic Kingdom to Being Imprisoned in the Indonesian Democratic System; Budaya Indis pada Kebaya Abad ke-20; Historiografi Pesantren di Indonesia; Sebuah Nama: Masjid Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo; Wujud Akulturasi Hindu, Budha, dan Islam dalam Seni Pertunjukan Wayang; Sejarah dan Perkembangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kota Tasikmalaya dan Partisipasinya Dalam Pemilu 2004, 2009, dan 2014; dan Meneladani Karakter Sudiro dalam Buku “Sudiro Pejuang tanpa Henti”.

Ketua Jurusan SPI, Dr. Samsudin, M.Ag didampingi Sekretaris Dr. Widiati Isana, M.Ag menjelaskan,“Awalnya jurnal ini sebagai wadah bagi dosen UIN Sunan Gunung Djati untuk mengungkapkan pemikirannya tentang tradisi lokal di Jawa Barat karena berkembangnya isu-isu penting dalam memadukan sejarah dan tradisi Islam. Namun dalam perkembangnya, jurnal ini kemudian menampung cakupan tema yang lebih luas”. Beliau mengharapkan agar Historia Madania tidak hanya dilandasi semangat “sekedar terbit”, tetapi juga perlu ditopang oleh pengelola yang profesional, konsep yang tepat, dan didukung oleh tulisan-tulisan artikel yang berkualitas sehingga Historia Madania tetap dapat konsisten terbit dua kali dalam setahun. Dr. Samsudin juga menjelaskan bahwa Jurusan SPI menerima artikel untuk edisi Juli–Desember Volume 5 No 2 (2021) dengan tema seputar sejarah Islam, tradisi lokal, dan sejarah kolonial.

Arsip artikel bisa dilihat dan diunduh di https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/historia

Sumber Berita: https://fah.uinsgd.ac.id/historia-madania-vol-5-no-1-telah-terbit/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *