Acara Webinar Kuliah Tamu, Wujud Kerjasama FAH UIN Sunan Gunung Djati Bandung & FAH UIN Raden Fatah, Palembang.

Alhamdulillah, dua hari lalu, tepatnya pada Rabu, 07 April 2021 telah berlangsung dengan lancar acara webinar kuliah tamu bertajuk “Sejarah Islam dan Budaya Lokal: Arab, Melayu, dan Sunda”. Acara ini terselenggara atas kerjasama Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati, Bandung dengan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah, Palembang.

Dekan FAH UIN SGD Bandung, Bapak Dr. Setia Gumilar, M.Si. menyambut baik acara webinar kuliah tamu tersebut. Dalam sambutan pembukaan acara yang berlangsung pada hari Rabu kemarin, beliau menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah sebagai wujud implementasi dari program kerja yang telah disepakati bersama dalam nota kesepahaman, baik antar fakultas maupun program kerja yang telah dirumuskan dalam Forum Dosen Ilmu-Ilmu Adab (ADIA). Menurut beliau, kegiatan kerjasama webinar ini memiliki nilai rekognisi bagi para dosen, selain kegiatan-kegiatan lainnya yang juga termasuk dalam Tri Darma Perguruan Tinggi yakni  peneltian, pengabdian masyarakat, dan penulisan karya ilmiah baik yang diakui ditingkat nasional maupun internasional. Adapun rekognisi merupakan sebuah standar dan tuntutan bagi para dosen dan mahasiswa guna meningkatkan kualitas dari  lembaga/perguruan tiinggi.

Dr. Endang Rochmiatun, M.Hum. selaku Dekan FAH UIN Raden Fatah Palembang juga mengapresiasi kegiatan kerjasama kuliah tamu ini. “Saya berharap bahwa kerjasama yang terjalin tidak hanya sebatas dalam bentuk webinar, namun untuk kedepannya dapat mengagendakan kegiatan-kegiatan yang lain, misalnya seperti praktikum lapangan atau penelitian bersama tingkat nasional dan internasional”, tutur beliau. Dr. Endang menuturkan pula bahwa sebaliknya, para dosen FAH UIN SGD Bandung juga dapat berkesempatan menjadi narasumber kuliah umum bagi para mahasiswa FAH UIN Raden Fatah Palembang.

Sementara itu, Dr. H. Samsudin, M.Ag. selaku Ketua Prodi SPI UIN SGD Bandung menjelaskan bahwa webinar ini terdiri dari dua sesi.  Sesi 1  untuk semester VI: Mata kuliah Antropologi Budaya  (Dr. Amilda, M.Hum./ Drs. H. Aam Abdilah, M.Ag.); Mata kuliah Islam dan Budaya Lokal (Dr. Endang Rochmiatun, M.Hum.).

Sesi 2A untuk semester II: Mata kuliah Filologi (Dr. Nyimas Umi Kalsum, M.Hum./Dr. Dedi Supriadi, S.Ag, M.Hum.); Mata kuliah Kajian Naskah (Sholeh Khudin, S.Ag, M.Hum.); dan Mata kuliah Sejarah Pemikiran Islam Klasik (Padila, SS, M.Hum.)

Sesi 2B untuk semester IV: Mata kuliah Gerakan Modernisme Islam (Nurfitri Hadi, MA.);  Mata kuliah Sejarah Islam Indonesia (Dr. Nor Huda, M.Ag, MA.); Mata kuliah Sosiologi Budaya (Dr. Mohammad Syawaludin, M.Ag.); Mata kuliah Islam dan Peradaban Melayu (Fitriah, SS, M.Hum.); dan Mata kuliah Sejarah Pemikiran Modern Islam (Dr. Samsudin, M.Ag.).

Dr. Samsudin didampingi Sekretaris Prodi SPI UIN SGD, Dr. Widiati Isana, M.Ag. berharap agar kedepannya para dosen FAH UIN SGD Bandung juga dapat menjadi narasumber webinar kuliah umum bagi para mahasiswa FAH UIN Raden Fatah Palembang. Kita doakan saja semoga kedepannya dapat merealisasikan agenda yang lebih luas untuk meningkatkan kerjasama antar FAH UIN SGD dan FAH Raden Fatah.

Sumber berita & foto :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *