VISI, MISI,  DAN TUJUAN JURUSAN / PROGRAM STUDI SEJARAH DAN KEBUDAYAAN ISLAM

Visi :  

Menjadi program studi yang unggul dan kompetitif dalam bidang pendidikan dan pengembangan kajian sejarah dan peradaban Islam di tingkat ASEAN pada 2025.

 

Misi :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang profesional di bidang Sejarah dan Peradaban Islam.
  2. Menyelenggarakan kajian dan penelitian bagi dosen-dosen dan mahasiswa serta meningkatkan kualitas penelitian sebagai bahan ajar dalam melakukan proses
  3. Meningkatkan peran serta jurusan melalui kerja sama dengan berbagai  instansi lain  dalam kajian sejarah dan peradaban Islam di tingkat lokal, nasional, dan ASEAN.

 

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan Sejarah dan Peradaban Islam dengan memiliki komitmen akademik yang profesional.
  2. Menjadikan lulusan SPI sebagai agen perubah dalam kehidupan masyarakat dengan bertumpu pada profesionalitas yang dimiliki.
  3. Menjadikan lulusan SPI yang mempunyai kepribadian yang selalu berinovasi, memberikan gagasan baru dalam berbagai hal, khususnya dalam kajian humaniora.
  4. Mempunyai karya yang mampu memberikan kontribusi dalam berbagai bidang, terutama dalam kesejarahan dan peradaban Islam di tingkat lokal, nasional, dan ASEAN.
  5. Mempunyai jiwa wirausaha untuk menciptakan manusia yang mandiri berdasarkan pada prinsip-prinsip ke-Islaman.

 

Profil  Lulusan:

Menjadi calon peneliti, pengkaji, dan penggiat Sejarah dan Peradaban Islam yang mampu bersikap dan berkemampuan secara profesional dalam menganalisis dan merekonstruksi fakta-fakta Sejarah dan Peradaban Islam dengan menerapkan kerangka dasar teori dan metode sejarah dan peradaban

 

Prospek  :

Lulusan Sejarah dan Peradaban Islam disiapkan  sebagai tenaga  ahli yang dapat mengisi lapangan kerja  sebagai  ahli sejarah, peneliti, diplomat, pembawa acara, PNS,  dosen,  editor, guru (plus pendidikan profesi), penulis, wartawan, pegawai  di museum, dinas sejarah  dan lembaga kearsipan.