Ketua Jurusan/Prodi                       : Samsudin, M.Ag

Sekretaris                                             : Suparman, M.Ag

NO KRITERIA KEPEMIMPINAN INDIKATOR
1 Kredibel a)    Pengelola jurusan memenuhi persyaratan akademis minimal S2, dan dari Program studi serumpun.

b)   Dipilih melalui mekanisme yang diatur dalam Statuta

c)    Memiliki kemampuan untuk mengelola Program Studi SPI, baik pada aspek manajemen maupun kurikulum.

 

2 Transparan a)         Setiap  perencanaan, pelaksanaan, dan  evaluasi program  melibatkan  seluruh  civitas akademika : pimpinan, dosen, mahasiswa.

b)        Semua program disosialisasikan secara intensif  melalui papan pengumuman, jejaring sosial, facebook, WhatsApp, website).

c)         Setiap program dilaporkan pada pimpinan melalui Rapat Kerja (Raker), laporan bulanan, rapat  semesteran, Rapat Pimpinan (Rapim), dan lain-lain.

 

3 Akuntabel a)         Untuk menjaga  akuntabilitas  Program Studi  SPI   semua program  yang dipertanggungjawabkannya  dilakukan audit oleh Irjen, BPK, Audit Mutu Akademik Internal (AMAI), Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED), PD-DIKTI,  dan PDPT, serta Akreditasi dari BAN-PT.]

b)        Menerapkan manajemen terbuka yang memungkinkan semua program dapat  diawasi dan dimonitoring oleh seluruh civitas akademik.

 

4 Tanggungjawab a)    Melaporkan seluruh program yang dijalankan kepada pimpinan sesuai dengan  tugas dan wewenang yang diberikannnya.

b)   Menjalankan tugas dan fungsi secara proporsional.

c)    Melakukan distribusi kerja dan tugas secara proporsional.

d)   Mendistribusikan  informasi dan  beasiswa  secara proporsional.

 

5 Adil a)Memberikan tugas dan tanggungjawab terhadap Dosen sesuai dengan kapasitas dan keahliannya.

b)                  Memenuhi hak dan kewajiban terhadap mahasiswa sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh Universitas.

c)Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pelayanan akademik, beasiswa serta sarana prasarana yang memadai untuk pengembangan keilmuannya.

d)                 Memberikan kesempatan yang sama kepada para Dosen untuk menduduki jabatan struktrural di tingkat jurusan, fakultas dan universitas.

 

NO RINCIAN TUGAS TERLAKSANA/TIDAK TERLAKSANA
1 Memimpin Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam Terlaksana
2 Melakukan Pengembangan Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam Terlaksana
3 Mengevaluasi Kurikulum dan Silabus yang Ada pada Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam Terlaksana
4 Menyusun dan Menjadwalkan Rencana Perkuliahan Terlaksana
5 Membuat Penawaran Mata Kuliah dan Menentukan Dosen Pengampu Mata Kuliah Terlaksana
6 Melakukan Validasi Program Studi/ KRS Mahasiswa Terlaksana
7 Mengoreksi dan Menandatangani Proposal Skripsi Terlaksana
8 Mengevaluasi Kegiatan Jurusan, Dosen dan Mahasiswa Terlaksana
9 Menetapkan Pembimbing dan Penguji Skripsi Terlaksana
10 Menetapkan Pelaksanaan Sidang/ Ujian Skripsi Terlaksana
11 Memberikan Saran atau Usulan kepada Atasan Terlaksana
12 Melaporkan Pelaksanaan Tugas kepada Atasan Terlaksana
NO HASIL KERJA TERLAKSANA/TIDAK TERLAKSANA
1 Terlaksananya Tugas Membantu Ketua Jurusan Memimpin Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam Terlaksana
2 Terlaksananya Pengembangan Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam Terlaksana
3 Tersusunnya Kurikulum dan Silabus yang Ada pada Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam Terlaksana
4 Tersusunnya Jadwal Rencana Kegiatan Perkuliahan Terlaksana
5 Tersusunnya Mata Kuliah dan Dosen Pengampu untuk Setiap Mata Kuliah yang Disajikan di Jurusan SPI Terlaksana
   6 Terlaksananya Validasi Program Studi/ KRS Mahasiswa Terlaksana
7 Terlaksananya Pengoreksian dan Penandatanganan Proposal Skripsi Mahasiswa Jurusan SPI Terlaksana
8 Terlaksananya Proses Evaluasi Kegiatan Jurusan, Dosen dan Mahasiswa di Jurusan SPI Terlaksana
9 Terlaksananya Penetapan Pembimbing dan Penguji Skripsi Terlaksana
10 Terlaksananya Penetapan Pelaksanaan Sidang/ Ujian Skripsi Terlaksana
11 Terlaksananya Proses Pemberian Saran atau Usulan kepada Atasan Terlaksana
12 Tersusunnya Laporan Pelaksanaan Tugas kepada Atasan Terlaksana

 

No Sistem Pengelolaan Uraian
1 Planning membuat perencanaan (planning) terhadap berbagai pengelolaaan kegiatan eksternal maupun internal. Planning dilakukan dengan berbagai cara, yakni 1) studi pelacakan (trace study), 2) need analysis, dan 3) evaluasi kinerja pengelolaan Jurusan/Proram Studi SPI sebelumnya. Hasil dari planning tersebut dituangkan dalam Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Program Kerja. Hasil Planning tersebut dikomunikasikan kepada civitas akademika, baik dosen, mahasiswa dan lembaga kemahasiswaan, pimpinan fakultas, maupun tenaga administratif untuk memperoleh saran bagi pengembangan mutu akademik.
2 Organizing Renstra dan program kerja diimplementasikan dengan cara mengorganisasikan (organizing) seluruh komponen (input), SDM, dana, dan fasilitas untuk mencapai tujuan Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam.
3 Staffing Berbagai sumber daya, terutama dosen dan tenaga kependidikan, dikelola (staffing) oleh Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam secara baik agar semua langkah menuju pada pencapaian tujuan urusan/Program Studi SPI. Sistem ini juga ditopang oleh sistem kepemimpinan (leadership) yang terintegrasi, baik pada operasional, organisasi, maupun pengelolaan publik (public trust dan public satisfaction)
4 Leading Sesuai dengan visi dan misinya, Jurusan/ Prodi Sejarah dan Peradaban Islam ingin berusaha mewujudkan keunggulannya untuk mampu berkompetisi dengan perguruan tinggi lain di Jawa Barat dalam bidang pendidikan dan pengembangan kajian Sejarah dan Peradaban Islam pada tahun 2019,  dan di tingkat nasional pada tahun 2025, dengan terselenggaranya kegiatan pendidikan yang profesional di bidang Sejarah dan Peradaban Islam dengan penguatan pada agenda penelitian bagi dosen-dosen dan mahasiswa serta meningkatkan mutuhasil penelitiannya sebagai bahan ajar dalam melakukan proses pembelajaran. Sekaligus jurusan meningkatkan jalinan kerja sama dengan berbagai  instansi lain yang memiliki relevansi dalam kajian Sejarah dan Peradaban Islam. Sehingga nantinya dapat menghasilkan lulusan Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam dengan memiliki komitmen akademik yang profesional.
5 Controlling Selanjutnya langkah yang terakhir adalah melakukan pengawasan (supervisi dan monitoring; controlling) terhadap setiap kegiatan yang diselenggarakan. Hasil dari supervisi dan monitoring ini dievaluasi dan dilaporkan kepada semua pihak, untuk dijadikan sebagai benchmark untuk peningkatan kinerja Jurusan/Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam selanjutnya.

Struktur Unit Penjaminan Mutu FAH UIN SGD 2015-2019