1.1.2 Visi
Menjadi program studi yang unggul dan kompetitif dalam bidang pendidikan dan pengembangan kajian sejarah dan peradaban Islam di tingkat ASEAN pada 2025.
Visi di atas sesuai dengan visi fakultas dan universitas, yakni; Unggul dan kompetitif dalam kajian adab dan humaniora berbasis khasanah lokal Islam di Tingkat ASEAN pada 2025.
Adapun visi universitas: Menjadi universitas Islam negeri yang unggul dan kompetitif berbasis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah di ASEAN pada 2025.

1.1.2 Misi
1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang profesional di bidang Sejarah dan Peradaban Islam.
2. Menyelenggarakan kajian dan penelitian bagi dosen-dosen dan mahasiswa serta meningkatkan kualitas penelitian sebagai bahan ajar dalam melakukan proses
3. Meningkatkan peran serta jurusan melalui kerja sama dengan berbagai instansi lain dalam kajian sejarah dan peradaban Islam di tingkat lokal, nasional, dan ASEAN.

1.1.3 Tujuan
1. Menghasilkan lulusan Sejarah dan Peradaban Islam dengan memiliki komitmen akademik yang profesional.
2. Menjadikan lulusan SPI sebagai agen perubah dalam kehidupan masyarakat dengan bertumpu pada profesionalitas yang dimiliki.
3. Menjadikan lulusan SPI yang mempunyai kepribadian yang selalu berinovasi, memberikan gagasan baru dalam berbagai hal, khususnya dalam kajian humaniora.
4. Mempunyai karya yang mampu memberikan kontribusi dalam berbagai bidang, terutama dalam kesejarahan dan peradaban Islam di tingkat lokal, nasional, dan ASEAN.
5. Mempunyai jiwa wirausaha untuk menciptakan manusia yang mandiri berdasarkan pada prinsip-prinsip ke-Islaman.

Menuju visi unggul dan kompetitif di ASEAN 2025 didasari:
1. Pada 2015 di Jawa Barat Sudah tercapai karena dari beberapa Prodi Sejarah dan Peradaban Islam dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi dari mulai pendidikan, penelitian dan pengadian sudah lebih umggu dengan prodi sejenis di Jawa Barat.
2. Pada 2020 diharapkan tingkat nasional sudah tercapai, karena dalam bidang pendidikan, terutama SDM Dosen, mahasiswa, alumni, dan karya penelitian dan pengabdiannya sebelum 2020 sebagian sudah tercapai.
3. Pada 2025 diharapakan tercapai visi tersebut karena dalam bidang pendidikan, terutama mahasiswa, alumni, dan karya penelitian dan pengabdiannya sebelum 2025 sebagian sudah tercapai. Seperti ada beberapa karya penelitian dan pengabdian mahasiswa dan dosen di wilayah Thailand, Singapura, dan Malaysia.