Praktik Profesi 2017 bertajuk Inventarisasi Sejarah dan Kebudayaan Islam Lokal Jawa Barat

Upaya menggali khazanah kearifan lokal yang bernafaskan Islam, maka jurusan Sejarah dan Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Sunan Gunung Djati menggelar acara Praktik Profesi 2017 bertajuk Inventarisasi Sejarah dan Kebudayaan Islam Lokal Jawa Barat dengan menghadirkan narasumber Prof.Dr.Sulasman,M.Hum yang dipandu oleh Wahyu Iryana, di Aula FAH, Jumat (17/3).

Acara pembukaan praktik profesi yang diikuti sejumlah 154 mahasiswa semester enam ini dibuka secara resmi oleh Dekan FAH, Dr. Setia Gumilar, S.Ag., M.Si. Dalam sambutanya Dekan FAH menjelaskan upaya menyiapkan lulusan FAH yang unggul dan kompetitif dalam kajian Adab dan Humaniora yang berbasiskan khazanah lokal.

“Kita ketahui secara bersama hubungan Islam dengan kearifan lokal ini sangat harmonis, saling melengkapi satu sama lain. Dalam konteks Jawa Barat hubunganya sangat erat dan tidak bisa dipisahkan karena Islam itu Sunda dan Sunda itu Islam. Mudah-mudahan dengan adanya hubungan yang harmoni ini menjadikan khasan Fakultas dalam mempertegas identitas budaya Islam Sunda,” paparnya.

Dekan FAH menegaskan “lulusannya diharapkan dapat bekerja pada bidang-bidang yang membutuhkan keahlian sejarah, kebudayaan Islam yang selaras dengan perkembangan zaman saat ini,” tegasnya.

Bagi Sekretaris jurusan SPI, Suparman, M.Ag. menuturkan “acara pembukaan praktik profesi ini diikuti oleh 154 mahasiswa SPI semester enam dari tanggal 17 Maret 2017 sampai 15 Mei 2017,” ujarnya.

Sekretaris Jurusan SPI berkeyakinan “dengan adanya praktik profesi ini dapat menjadikan program studi SPI yang unggul dan kompetitif dalam bidang pengembangan kajian Sejarah dan Peradaban Islam. Salah satu caranya dengan mengumpulkan khazanah kearifan lokal yang bernafaskan Islam untuk menegaskan jati diri Islam Sunda,” pungkasnya. [Humas Al-Jamiah]

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *