Kuliah Umum Kewirausahaan”Menggali dan Mengembangkan Jiwa Wirausaha dikalangan Mahasiwa FAH”

https://i1.wp.com/www.uinsgd.ac.id/_multimedia/photo/20160213/20160213122240_1img_2280.jpg?w=1170Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Kuliah Umum Kewirausahaan dengan tema “Menggali dan Mengembangkan Jiwa Wirausaha dikalangan Mahasiwa FAH”, bertempat di Gedung Multi Purpose UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada Sabtu (13/02/2016). Kegiatan tersebut menghadirkan Pembicara Motivator bertaraf Internasional yaitu Ir. Victor Asih, M.B.A., MT., Founder Sekolah Bisnis Gratis, University of Life – Successful Lifestyle – Business School (USB), diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai Jurusan yang ada dilingkungan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH).

Dalam sambutannya, Dr. Ading Kusdiana, M.Ag., Wakil Dekan I sekaligus sebagai Ketua Panitia Acara, menyebutkan bahwa sejak akhir tahun 2015 ini secara resmi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah diberlakukan. Dimana MEA memiliki beberapa karakteristik, diantaranya adalah, negara-negara dikawasan ASEAN memiliki pandangan yang sama terhadap perkembangan ekonomi dikawasan ASEAN., maka hal itu berimplikasi pada terbukanya lapangan kerja bagi warga negara asing disetiap negara. Dengan demikian, setiap negara perlu mempersiapkan SDM yang kompetitif yang mempunyai skill, memiliki jiwa kemandirian dan jiwa kewirausahaan baik disektor wisata budaya, jasa industri dan sebagainya.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Dr. Setia Gumilar, M.Si., yang secara resmi membuka kegiatan tersebut, dalam sambutannya mengatakan bahwa, penting bagi Perguruan Tinggi untuk mencetak SDM yang siap menghadapi kompetisi di era MEA. Oleh karena itu, dengan diadakannya kegiatan Kuliah Umum Kewirausahaan ini salah satunya bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi mahasiswa FAH. “Negara-negara diwilayah ASEAN, seperti Thailand, Vietnam, mereka sepuluh tahun yang lalu sudah mulai mempersiapkan diri untuk mengahadapi era MEA ini dengan mempelajari bahasa-bahasa negara lain, termasuk bahasa Indonesia sehingga mereka menguasai bahasa sebagai salah satu modal dalam berkompetisi”, tuturnya.

Dekan juga menjelaskan dalam teori kebutuhan dari Mc. Cleland, ada tiga kebutuhan yang dimiliki seorang manusia, yang pertama, kebutuhan akan keberhasilan atau Need of Achievemet (N-Ach), kedua, kebutuhan akan kekuasaan, dan ketiga kebutuhan akan dukungan sosial. Kebutuhan N-Ach inilah yang penting dimiliki oleh setiap mahasiswa sebagai dasar motivasi diri untuk meraih kesuksesan dengan menumbuhkan jiwa kemandirian dan jiwa kewirausahaan. Diakhir sambutannya Dekan mengapresiasi dan berterima kasih kepada Ir. Victor Asih, M.B.A., MT., yang telah bersedia berbagi ilmu dan pengalaman untuk memberikan motivasi kepada para mahasiswa mengenai kiat-kiat menjadi mahasiswa enterpreneur yang siap menghadapi MEA.

Sebagai tindaklanjut kerjasama antara Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) dengan University of Life – Successful Lifestyle – Business School (USB), Victor Asih akan menyeleksi mahasiswa FAH, 100 orang mahasiswa yang masuk kriteria akan diikut sertakan dalam pendidikan dan pelatihan khusus Enterpreneurship di USB.(Https://uinsgd.ac.id)

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *