Current Issue

Vol 2 No 1 (2018)

Alhamdulillah penerbitan Jurnal Historia Madania ini bisa terlaksana berkat kerja keras pengelola dan banyak pihak. Dalam volume kali ini, pembahasan topik-topik sejarah dan budaya dalam jurnal ini cukup bervariasi di antaranya adalah studi biografi tokoh agama, tradisi budaya lokal, sejarah sosial keagamaan yang terdapat di Jawa Barat hingga sejarah tentang literature keagamaan.

Dalam studi biografi tokoh, Jurnal ini membahas sosok dan peran KH. Muhammad Kurdi (1839-1954) dan KH Ahmad Masyhud dalam bidang sosial keagamaan. Dalam hal tradisi keagamaan dan budaya lokal, akan dibahas sejarah penulisan Mushaf al Quran Sundawi, sejarah dan kontribusi kereta api tradisi mudik lebaran, serta transportasi jamaah haji pada awal abad ke-19 dan tradisi puasa masyarakat Bandung. Untuk sejarah modern, akan dibahas model deradikalisasi agama dalam perspektif sejarah. Dalam kaitannya dengan sejarah dan seni, terdapat dua artikel yaitu tentang sejarah seni bela diri Tarung Derajat dan kontribusi penting AD Pirous dalam perkembangan dan corak seni kaligrafi di Indonesia.

Topik-topik penelitian di atas diharapkan akan memberikan kontribusi dalam kajian ilmu sejarah sesuai dengan passion Jurnal Historia Madania dan bisa diakses oleh para akademisi. Redaksi membutuhkan kritik dan saran dalam peningkatan kualitas jurnal ini. Untuk meningkatkan aksesibilitas dan menjangkau pembaca yang lebih luas, pengelola akan mengupayakan dalam waktu dekat agar Jurnal Historia Madania ini bisa diakses secara online.

Kami mengapresiasi seluruh pihak yang membantu terlaksananya penerbitan jurnal ini.

Published: 2018-11-08
View All Issues